Cara Membuat Air Terjun di Aquascape

Pernahkah Anda melihat aquarium yang terdapat air terjun di dalamnya? Luar biasa bukan? Jika saat ini kamu sedang menggeluti hobi baru yakni berkebun dalam air atau yang lebih dikenal dengan aquascape, maka aspek berikut ini akan sangat akrab dalam hobi Anda.

Bagian ini membuat unsur estetika bertambah manakjubkan, dan akan membuat Anda atau siapaun yang melihat akuarium berdecak kagum. Tentunya dengan catatan porsi dan posisinya harus disesuai agar lebih menarik.

Sebenarnya yang Anda lihat air terjun di dalam aquascape aquarium bukanlah air terjun asli, melainkan pasir putih yang berjatuhan sehingga terlihat layaknya air terjun. Pertanyaan sekarang kok bisa pasir putih tersebut berjatuhan dan terus menerus berjatuhan tiada henti.

Dengan pengetahuan fisika mengenai tekanan yang bekerja pada zat cair, semuanya bisa dijelaskan dengan mudah dan logis. Tapi di sini saya tidak akan menjelaskan mengenai ilmu fisika tersebut, melainkan menjelaskan cara membuat air terjun pasir di aquascape.







Cara Membuat Air Terjun Pasir di Aquascape

Untuk membuat air terjun aquascape aquarium ada beberapa bahan yang perlu Anda siapkan.

Bahan Membuat Air Terjun Pasir di Aquascape
  • Pipa paralon berdiameter 1 inch atau bisa dengan ukuran 25cm, untuk panjangnya bisa Anda sesuaikan sendiri dengan Aquariumnya
  • Sambungan paralon untuk belokan obeng, yang berfungsi untuk melobangi paralon
  • Selang aerator media penutup, untuk menutupi paralon serta jadi media jatuhnya pasir, Anda dapat menggunakan batu-batuan, kayu atau apa saja sesuai kreasi
  • Aerator (pembangkit hawa/gelembung) Sudah Siap? Mari mulai bekerja.

Proses Pembuatan Air Terjun Pasir di Aquascape
  • Buat rongga pada ujung paralon sebagai tempat pasir masuk
  • Lalu buat lubang seukuran selang di pojok (tengah) sambungan belokan paralon
  • Masukkan selang melewat lobang itu kemudian tarik sampai ke ujung paralon pvc
  • Gunakan aerator diujung selang dan letakkan diujung bawah paralon pvc 
  • Pastikan bahwa ujung aerator sejajar dengan dasar paralon
  • Kemudian masukkan kedalam aquarium, dan nyalakan aerator jika air dapat menyembur dari ujung paralon jika tahap ini berhasil maka sistem telah sukses, sekarang tinggal letakkan ujung bawah paralon di basic pasir lembut.

Tunggulah beberapa saat sampai pasir terangkat serta jatuh berhamburan di sekitar paralon, agar pasir tak berhamburan dan dapat terkumpul menjadi satu buatlah wadah penampungnya. Di buat sedemikian rupa sehingga tumpahan pasir terhisap kembali oleh paralon. Pada akhirnya selesai sudah tinggal berkreasi sendiri untuk mempercantiknya.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment