Metode Pemupukan di Aquascape

Aquascaping adalah campuran dari tanaman, batu dan dekorasi yang menciptakan lanskap bawah air. Hal ini menjadi lebih dan lebih populer di seluruh dunia. Ada beberapa genre dari gaya Jepang yang lebih minimalis hingga gaya liar hutan yang mengadopsi tampilan yang lebih serampangan.

Aquascape perlu karbon dioksida, cahaya dan nutrisi untuk pertumbuhan tanaman yang sehat. Melengkapi air dengan pupuk yang baik akan memberikan semua nutrisi dan elemen yang dibutuhkan tanaman. Tanda-tanda bahwa tanaman air Anda kekurangan nutrisi penting adalah daun menguning atau coklat. Tanaman juga dapat menjadi bertekstur kaca atau transparan. Memastikan bahwa tanaman memiliki jumlah yang pupuk yang tepat berarti bahwa mereka tidak perlu bekerja terlalu keras untuk menemukan nutrisi, dan mereka dapat tumbuh dengan baik dan indah.

Beberapa jenis pupuk yang sering digunakan dalam aquascaping adalah :

1. Pupuk Cair




Pupuk cair dapat ditambahkan langsung ke air untuk meningkatkan tingkat gizi akuarium Anda. Kebanyakan mengandung zat besi yang merupakan elemen penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman yang sehat.

Kebanyakan produsen memastikan bahwa pupuk cair bebas dari nitrat dan fosfat untuk menghindari pertumbuhan alga.

Sebuah dosis mingguan harus cukup untuk memastikan bahwa tanaman Anda sehat dan indah. Ada banyak jenis yang berbeda, tetapi pupuk cair lengkap yang baik akan mengandung zat besi, kalium dan semua elemen yang dibutuhkan akan mencukupi kebutuhan tanaman. Elemen kunci termasuk mangan, molibdenum, boron, seng dan kobalt.

2. Akuarium Soil (substrat)



Sebuah lapisan dasar tanah yang kaya nutrisi akan memberikan apa yang tanaman butuhkan, langsung pada akar. Sebuah dasar tanah liat akan mempertahankan nutrisi dari air dan perlahan-lahan melepaskan mereka ke dalam air. Ini adalah cara paling alami untuk mendukung pertumbuhan yang sehat dengan sedikit kerewelan.

Beberapa substrat yang begitu kaya nutrisi bisa bertahan selama bertahun-tahun sebelum mereka perlu diganti. Seringkali mereka diambil dari daerah yang sangat kaya seperti daerah vulkanik. Tingkat gizi yang sangat tinggi, dan kualitas pori-pori tanah yang baik akan membuat akar tanaman bernapas baik dan mudah mencari nutrisi sehingga membuat tanaman anda sehat.

3. Pupuk Tablet


Tablet dikemas dengan nutrisi yang ideal untuk aquascape yang selesai di setting. Mereka hanya ditekan ke dalam substrat atau tanah dengan cepat dan mudah mengirim kebaikan langsung ke akar. Sekali lagi ini adalah nitrat dan fosfat bebas, sehingga mereka tidak akan mendorong pertumbuhan alga. Mereka biasanya berlangsung dan selama sekitar satu bulan.

Karena mineral penting dan elemen dikirim langsung ke akar, ia mulai bekerja dengan cepat – mengatasi kekurangan zat besi dan kalium. Namun di akuarium padat tanaman, tablet mungkin tidak cukup untuk mendukung pertumbuhan yang sehat.

Pupuk terbaik tergantung pada jumlah tanaman yang Anda miliki. Tanaman cepat tumbuh, tanaman halus akan cepat menggunakan nutrisi dari air dan substrat, sehingga membutuhkan tingkat pupuk yang lebih tinggi dan banyak untuk tanaman yang lebih kuat.

Jika Anda memiliki ikan, singkirkan makanan yang tidak dimakan setelah beberapa menit karena hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan alga yang akan menghabiskan nutrisi dari air.
Sementara tanaman memang membutuhkan tingkat nitrat dan fosfat yang rendah, bahkan kenaikan sedikit dari nitrat dan phosphat dapat meningkatkan pembentukan alga.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment